banner

Analisis Bitcoin | 6-Pahami tren pasar untuk berdagang dengan bijak

Ada tren naik dan turun, membaca bahasa harga;

Ada sinyal untuk membeli dan menjual, dan mengucapkan selamat tinggal untuk merasakan kesepakatan.

Halo! Dalam episode hari ini kita akan berbicara tentang tren pasar dan polanya.

Jadi, apa itu tren pasar?

Sederhananya, tren adalah arah pergerakan pasar – naik, turun, atau bergerak ke samping.

Tren pasar seperti aliran air, karena gravitasi, air secara alami mengalir menuruni bukit; Demikian pula, di pasar modal, karena perbedaan antara harga dan nilai investasi, harga cenderung kembali ke nilai di bawah pengaruh pasar. Bentang alam yang berbeda memengaruhi aliran air, menciptakan air terjun atau sungai; Demikian pula, di pasar modal, keputusan pedagang yang berbeda memengaruhi tren pasar.

Pedagang legendaris Jesse Livermore pernah berkata, “Harga, seperti yang lainnya, bergerak di sepanjang garis resistensi yang paling kecil.” Jika resistensi naik lebih rendah dari resistensi yang jatuh, harga akan naik, dan sebaliknya. Menemukan tren berarti menemukan jalur dengan hambatan terkecil.

Jalur yang paling sedikit hambatannya tidak selalu lurus, seperti sungai selalu mengalir di sekitar gunung daripada melewatinya. Tren juga memiliki pola yang beragam.

Pola tren bergerak seperti gelombang; Harga pasar tidak bergerak lurus ke satu arah, selalu bergerak dalam pola zigzag seperti gelombang, dengan puncak dan palung yang jelas.

Puncak dan palung seperti kode biner 0 dan 1 di komputer – keduanya adalah elemen dasar dari tren yang berbeda.

Posisi puncak dan palung yang berbeda menentukan apakah tren pasar naik, turun, atau padat.

Mari kita lihat grafik pergerakan harga nyata untuk memahami perbedaan antara pola tren ini.

Ini menunjukkan tren naik, di mana puncak dan palung secara bertahap bergerak ke atas.

Ini menunjukkan tren turun, di mana puncak dan palung secara bertahap bergerak ke bawah.

Ini menunjukkan kemacetan yang umum. Puncak tidak naik secara konsisten, dan palung juga tidak secara konsisten turun. Oleh karena itu, ciri utama kemacetan adalah bahwa puncak dan palung tidak menunjukkan tren naik atau turun yang jelas; sebagai gantinya, mereka tetap pada level yang sama (kita akan membahasnya nanti).

Dengan menganalisis posisi puncak dan palung pada grafik, kita dapat membedakan antara tren naik, tren turun, dan kemacetan. Untuk memvisualisasikan tren, kita dapat menggunakan “garis tren”.

Bagaimana cara menggambar garis tren? Cukup tautkan pivot tertinggi atau di bawah posisi terendah pivot pada grafik.

Hubungkan titik terendah pivot A dan B seperti yang ditunjukkan pada grafik untuk mendapatkan garis naik (garis tren naik). Namun hanya menghubungkan 2 palung bukanlah bukti efektif dari tren naik. Kami membutuhkan palung ketiga (C) untuk membuktikannya.

Untuk menggambar garis ke bawah, hubungkan titik A dan titik B seperti yang ditunjukkan pada grafik, titik C akan jatuh pada garis lurus, artinya garis tren ke bawah efektif. Garis tren menyederhanakan tren sebagai kecenderungan harga yang dapat diprediksi ketika harga mencapai level support dan resistance, tetapi mungkin juga memberikan pandangan yang salah. Titik C muncul setelah garis ditarik, dan titik D dan titik E mungkin atau mungkin tidak muncul, support dan resistance garis tren akan ditembus pada akhirnya.

Bagaimana cara mengetahui apakah tren itu kuat, lemah atau berkelanjutan? Mari kita lihat “kemiringan”.

Ini menunjukkan garis tren naik 45 derajat. Juga dikenal sebagai garis obyektif, ini menunjukkan kekuatan tren di mana harga dan waktu berada dalam keseimbangan yang sempurna. Oleh karena itu, tren 45 derajat diperkirakan akan terus berlanjut.

Ketika kemiringan tren berubah dari 45 derajat menjadi 65 derajat, tren naik lebih kuat tetapi menghubungkan lebih sedikit kandil daripada garis tren 45 derajat, yang berarti bahwa harga naik dalam tingkat yang tidak terduga dan lebih sulit untuk dipertahankan. bull to bear, tren turun akan sama kuat dan cepatnya, oleh karena itu tidak bijaksana untuk mengejar pemenang.

Ini menunjukkan garis tren naik 30 derajat. Dibandingkan dengan garis tren 45 derajat dan 65 derajat, garis tren 30 derajat adalah yang paling lemah dalam kenaikan harga dan kurang berfluktuasi.

Terakhir, mari kita kenali jenis khusus dari garis tren – saluran perdagangan.Dalam keadaan tertentu, tren harga dibatasi dalam dua garis tren paralel: garis tren dasar dan garis saluran.

Garis hitam adalah garis tren bawah sedangkan garis biru adalah garis saluran atas. Di sebelah kiri adalah bagan saluran menaik yang disederhanakan, yang di sebelah kanan adalah bagan saluran turun.

Mari kita lihat grafik yang sebenarnya. Ketika kandil melintas di atas garis saluran, itu berarti tren sedang naik dan semakin kuat; ketika candlestick turun di bawah garis saluran, itu berarti tren melemah dan pasar mungkin berbalik.

Itu semua untuk tren pasar. Minggu depan, kita akan berbicara tentang “tren dan siklus waktunya”, pantau terus!

Mike Owergreen Administrator
Sorry! The Author has not filled his profile.